Testing: Running Text - This is A Running Test

PenelitianLainnya

Sosialisasi Empat Pilar

Sosialisasi Empat Pilar

Survei ”Studi Evaluasi Efektifitas Pemasyarakatan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” dilakukan oleh Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah Jakarta atas dukungan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI). Survei ini dilakukan terhadap 2.500 masyarakat umum dewasa yang tersebar secara proporsional di 33 propinsi atau di seluruh propinsi di Indonesia. Lokasi survei tidak hanya di wilayah perkotaan (urban) saja melainkan juga mencapai wilayah pedesaan (rural).

Memotret Pemahaman Islam Radikal

Memotret Pemahaman Islam Radikal

Salah satu nilai yang penting bagi kelompok garis keras adalah halalnya penggunaan cara-cara kekerasan untuk mencapai tujuan yang diyakini.

Penelitian Ideologi Masjid

Penelitian Ideologi Masjid

Riset secara khusus mendalami aspek kebijakan dakwah di masjid yang diteliti, terkait jama’ah masjid dan kontrol pengurus terhadap dakwah masjid.

Menyambut Komisi HAM

Menyambut Komisi HAM

Menyambut Komisi HAM Independent dan Permanen di Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Di tengah momentum kebangkitan demokrasi di negeri-negeri Arab, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), mengesyahkan berdirinya Komisi HAM OKI pada pertemuan ke-38 Dewan Menlu negara-negara OKI di Astana, Kazakhstan, 26 Juni lalu. Pendirian Komisi HAM ini sesungguhnya telah dicanangkan sebagai bagian dari program 10 tahun rencana aksi dalam KTT luar biasa ke-3 di Makkah, tahun 2005.

Filantropi dalam masyarakat Islam

Filantropi dalam masyarakat Islam

Survei yang dilakukan Center for the Study or Religion and Culture (CSRC) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menunjukkan bahwa dana Zakat, infak dan sedekah yang mencapai Rp 19,3 triliun setiap tahunnya belum efektif mengentaskan kemiskinan.

BukuLainnya

Pluralisme dan inklusivisme Islam di Indonesia: Ke Arah Dialog Lintas Agama

Pluralisme dan inklusivisme Islam di Indonesia: Ke Arah Dialog Lintas Agama

Dialog serta kerja sama antaragama menjadi jalan tenga dalam meminimalisasi ketegangan antar etnis, suku budaya dan persoalan social lainnya. Karena itu, dialog antaragama menjadi hal yang utama. Dialog selalu bermakna menemukan bahasa yang sama demi menjaga kehidupan bersama.

Narkoba : Problem dan Pemecahannya dalam Perspektif Islam

Narkoba : Problem dan Pemecahannya dalam Perspektif Islam

Masalah penyalahgunaan narkoba memang merupaka masalah yang sangat kompleks, yang memerlukan penanggulangan secar multidispliner, kerjasama multisektoral, serta keikutsertaan masyarakat secara aktif. Dan upaya ini harus dilakukan semua pihak secara kesinambungan, konsekuen, dan konsisten.

Media dan Integrasi Sosial

Media dan Integrasi Sosial

Diskursus media dan integrasi social dewasa ini tidak lagi hanya terbatas pada kritik pemberitaan tentang konflik yang sensasional dan bombastis, tapi juga mencakup tentang bagaimana media mendorong dialog dan komunikasi. Tulisan-tulisan dalam buku ini merupakan hasil penelitian dan pengamatan mendalam terhadap peran media dalam mewujudkan kohesi social di tengah meningkatnya ketegangan yang mewarnai relasi antar umat beragama akhir-akhir ini.

Terorisme Berjubah Agama

Terorisme Berjubah Agama

Memerangi terorisme berarti menyelesaikan akar atau sumber masalah ( core of the problems ). Salah satu akar terpenting terorisme sekarang adalah ketidakadilan dan kepincangan tata hubungan internasional, yang pada gilirannya melahirkan standar ganda ( double standard ) pada pihak pemegang dominasi dan hegemoni internasional, yakni AS dan sekutu-sekutu Baratnya.

Islam di Ruang Publik

Islam di Ruang Publik

Di dalam ruang publik yang semakin demokratis di Indonesia saat ini, simbol-simbol Islam justru hadir lebih menonjol.

KOLOM DIREKTUR