CSRC diskusikan Buku "Alternative Voices in Muslim Southeast Asia Discourse and Struggles”

13 March 2020

Ciputat, Jum’at (06/03) Center for the Study of Religion and Cultur (CSRC) menggelar diskusi umum dan bedah bukuh “Alternative Voices in Muslim Southeast Asia Discourse and Struggles” dengan pembicara Azhar Ibrahim (National university of Singapore) dan Noorshahril (ISEAS Singapore), yang dihelat di ruang meeting CSRC.

Menurut Idris Hemay, Direktur CSRC mengatakan bahwa diskusi ini sangat perlu, terlebih lagi di Indonesia agama Islam adalah negara mayoritas, namun islam di Indonesia tidak tunggal, melainkan banyak corak yang beragam. CSRC tetap konsen dalam ranah moderasi beragama, dan CSRC mendorong terwujudnya Islam rahmatan lil alamin.

“diskusi ini saya kira sangat perlu ya, terlebih lagi kita di Indonesia dengan berbagai corak, islam di Indonesia itu tidak tunggal, tetapi banyak, kelompok moderat dan konservatif pun ikut meramaikan kontestasi politik” ujarnya.

Buku ini mengkaji tentang berbagai tantangan bagi suara progresif yang terjadi pada tiga negara besar di asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura dengan melihat pada wacana yang terbangun,  Juga memalui buku ini kita akan melihat bagaiamana multikulturalisme dan sekularisme menjadi jalan yang ditempuh oleh masyarakat di tiga negara tersebut.  Buku ini juga menganalisa jalan dan usaha yang ditempuh oleh suara progresif ditengah dominasi negara dan pejabat keagamaan yang membatasi gerak mereka. Penulis buku ini terdiri dari akademisi, aktivis dan pengamat, juga ada beberapa korban dari represi diskriminasi. (AP)

 

Login to post comments

Get In Touch

Center for the Study of Religion and Culture (SCRC) Pusat Kajian Agama dan Budaya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

  • Add: Jl. Kertamukti No. 5 Pisangan Ciputat 15419
  • Tel: 021-744 5173
  • Fax: 021- 7490756
  • Email: [email protected]
  • Hotline: 021-744 5173
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…