Wakaf, Tuhan dan Agenda Kemanusiaan; Studi tentang Wakaf dalam Perspektif Keadilan Sosial di Indonesia

14 May 2015

Editor: Tuti A. Najib dan Ridwan al-Makassary
Resensi: Buku hasil penelitian terhadap 500 lembaga wakaf di Indonesia ini mencoba mengidentifikasi berbagai persoalan perwakafan di tanah air. Berkembang selama ini sebuah asumsi bahwa wakaf yang dipraktikan di negeri ini belum banyak bergeser dari orientasi ritual keagamaan. Tanah-tanah wakaf yang ada merupakan persembahan untuk Tuhan, yang diabadikan dalam ribuan mesjid, mushalla, madrasah, pesantren, dan pemakaman. Amatlah kecil jumlah wakaf yang diperuntukkan bagi agenda sosial dan kemanusiaan.

Yakni untuk mengangkat harkat dan martabat kaum miskin dan papa, serta memberikan perlindungan atas hak-hak mereka yang tersingkirkan oleh sebuah struktur sosial yang timpang. Buku ini mengkonfirmasi asumsi di atas dan mencoba mengurai berbagai alasan mengapa wakaf-wakaf yang ada belum mampu mendukung berbagai inisiatif keadilan sosial dalam masyarakat. Berpijak pada paragdigma transformatif, buku ini berusaha mengkaji berbagai kemungkinan untuk meretas langkah-langkah perbaikan dan perubahan. Tujuannya agar wakaf tidak hanya menjadi penyanggah agama (religion), tetapi juga menjadi pendorong dinamika keberagaman (religiosity) yang menyatupadukan keimanan pada yang Esa dengan komitmen membumikan nilai-nilai kemanusiaan semesta.

Berat: 350 gr

Login to post comments

Get In Touch

Center for the Study of Religion and Culture (SCRC) Pusat Kajian Agama dan Budaya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

  • Add: Jl. Kertamukti No. 5 Pisangan Ciputat 15419
  • Tel: 021-744 5173
  • Fax: 021- 7490756
  • Email: [email protected]
  • Hotline: 021-744 5173
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…